Setiap kita melakukan suatu kegiatan pasti ada aturan atau etika yang harus dilakukan,
karena jika tidak bisa berdampak negative bagi kita sendiri maupun orang lain. Begitu juga saat menggunakan jaringan kita juga harus memperhatikan etika-etika yang berlaku. Diantaranya etika tersebut adalah:
- Memahami Akses Pengguna
- Memahami kualitas daya Organisasi
- Pengaturan penempatan sub-organisasi
Jaringan komputer terkait juga dengan internet. internet memiliki banyak kelemahan, dalam interaktif perlu membangun suasana yang nyaman bagi lawan interaktif kita. Salah satu kelemahan internet sebagai media interaktif yaitu:
- Kita tidak tahu kondisi emosi lawan interaktif,
- Kita tidak tahu karakter lawan interaktif,
- Kita bisa dengan tidak sengaja menyinggung perasaan seseorang. Istilah yang dikenal sebagai 'netiket' atau nettiquette.
Netiket adalah etika dalam berkomunikasi dalam dunia maya. Etika ini penting dipahami agar tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terutama mispersepsi atau hal lain yang berujung pada pelanggaran undang-undang yang berlaku.
Contoh dari netiket:
- Jangan Gunakan Huruf Kapital
- Etika mengutip “copy paste”
- Perlakuan berbeda untuk Pesan Pribadi dengan Pesan Umum
- Hati-hati terhadap informasi/ berita hoax
- Ketika 'Harus' Menyimpang Dari Topik (out of topic/ OOT) berilah keterangan, supaya subject dari diskusi tidak rancu.
- Hindari Personal Attack
- Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)
- Dilarang menghina Agama :
- Cara bertanya yang baik :
- Gunakan bahasa yang sopan.
- Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
- Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
- Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
- Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.